5 Cara Ternak Ayam Potong Agar Bisa Mendapat Untung yang Berlipat

Pada saat ini ayam potong atau broiler menjadi salah satu jenis ayam yang cukup populer di masyarakat Indonesia, hal ini dikarenakan ayam potong mempunyai protein yang berkualitas tinggi, disamping itu daging ayam potong juga mengandung banyak gizi seperti karbohidrat, mineral, lemak, vitamin dan air.

5 cara ternak ayam potong agar bisa untung berlipat
sumber gambar - rejekinomplok.net
Kebutuhan daging ayam potong juga semakin meningkat begitu juga dengan harganya, apalagi ketika menjelang lebaran harga ayam potong melambung tinggi mencapai Rp 45.000 / kg. Kemudian untuk pertumbuhan ayam potong juga relatif sangat cepat hanya membutuhkan waktu 4 hingga 5 minggu sudah bisa dikonsumsi atau diproduksi, sehingga tak heran jika banyak orang yang beternak ayam potong ini dan terbukti sukses.


Beternak ayam potong tidak sesulit seperti yang kita bayangkan namun juga tidak bisa sembarang asal-asalan, anda juga harus tahu bagaimana cara beternak ayam yang baik dan tepat supaya hasilnya bisa memuaskan dan bisa untung berlipat. Nah, bagi anda yang masih pemula dan ingin mencoba beternak ayam potong silahkan lakukan 5 cara berikut ini supaya bisnis yang anda jalankan bisa cepat berkembang dan mendapatkan keuntungan yang berlipat ganda.

5 cara ternak ayam potong agar bisa untung berlipat


1. Kandang ayam

5 cara agar ternak ayam potong bisa untung berlipat
sumber gambar - alatternakayam.com
Tahap pertama yang harus diperhatikan peternak pemula yaitu kandang ayam, kandang yang baik yaitu harus jauh dari pemukiman warga supaya kondisi ayam tetap stabil tanpa gangguan. Kemudian bentuk kandang harus dibuat bertingkat agar kotoran ayam jatuh kebawah. Kandang harus memiliki sirkulasi udara yang cukup, lampu penerangan dan penghangat ruangan.

2. Bibit

Kunci utama bisnis ternak ayam potong adalah bibit, mengapa bibit? ya karena semakin berkualitas bibit yang kita beli maka semakin besar juga peluang sukses ternak ayam potong ini. Bibit yang kurang bagus dan berkualitas biasanya akan gampang stres dan rentan terhadap penyakit.

Bibit ayam potong atau broiler yang bagus memiliki ciri-ciri agresif / lincah, mata bening, tubuh tegap dan suara yang nyaring. Untuk mendapatkan bibit yang bagus harus membeli ke penyedia bibit yang sudah terpercaya, biasanya harga per box isi 100 ekor, kadang juga diberi lebih 2-5 ekor oleh penjual.

3. Pakan / minum

Tahap yang selanjutnya adalah pemilihan pakan dan minum, bagi peternak pemula hal ini harus benar-benar diperhatikan karena pakan dan minum adalah poin penting supaya ayam cepat tumbuh besar. Pemberian pakan juga tidak boleh asal-asalan dan harus disesuaikan dengan usia ayam tersebut.

Menyiapkan pakan ayam tidaklah sulit seperti yang kita kira, pada usia 1-4 hari adalah fine crumble, kemudian pada usia 5-21 hari adalah jenis pakan crumble, dan pada usia 21 hingga keatas digunakan jenis pakan semi pellet. Namun untuk pemberian pakan ayam potong biasanya para peternak mempunyai cara dan teknik tersendiri.

Kemudian untuk pemberian minum tidak terbatas namun harus terkontrol, Pengaturan air minum juga sangat penting, karena jika ayam sampai kekurangan air minum maka dapat mengurangi laju pertumbuhan ayam tersebut.


4. Vaksin

Selanjutnya pemberian vaksin, bagi peternak pemula jangan lupa selalu memberikan vaksin secara rutin misalnya dalam satu periode pemeliharaan melakukan pemberian vaksin 2 kali yaitu pada usia 4-5 hari dan pada usia 20-25 hari. Ada banyak cara dalam pemberian vaksin ini misalnya dicampur dalam air minum, suntik atau dengan cara tetes mata.

Pemberian vaksin ini bertujuan untuk mencegah datangnya penyakit dan supaya pertumbuhan ayam tetap sehat, anda tidak mau kan kalau ayam anda banyak yang mati. Ada banyak jenis vaksin namun pada umumnya Vaksin yang sering diberikan yaitu vaksin ND Strain B1, ND/tetelo dan ND lasotta.

5. Perawatan

5 cara agar ternak ayam potong bisa untung berlipat
sumber gambar - rejekinomplok.net
Cara merawat ayam potong atau broiler gampang-gampang susah, pada minggu pertama bibit ayam harus ditempatkan di tempat penghangat, kemudian berikan pakan bentuk butiran, untuk minumnya berikan air hangat yang dicampur gula. Pada minggu kedua hingga bibit dipindah ke kandang masih membutuhkan pengawasan tapi lebih ringan dari minggu yang pertama.

Setelah ayam dipindahkan ke kandang juga masih harus di kontrol secara berkala misalnya menjaga makanan agar tetap tersedia dan air minum juga harus rutin diganti misalnya sehari 1 kali, kotoran ayam harus dibersihkan setiap pagi, agar ayam tetap fit jangan lupa diberi vitamin. Tak lupa suhu kandang juga harus diperhatikan.

Penutup

Demikianlah 5 hal yang harus dilakukan ketika ternak ayam potong supaya hasil yang didapatkan bisa untung berlipat. Jika setelah melakukan cara diatas terjadi hal-hal yang tak terduga atau diluar rencana jangan putus asa harus tetap sabar karena kita manusia biasa hanya bisa berusaha sedangkan rejeki sudah ada yang mengaturnya, terimakasih semoga informasi ini bisa bermanfaat.

Belum ada Komentar untuk "5 Cara Ternak Ayam Potong Agar Bisa Mendapat Untung yang Berlipat"

Posting Komentar