5 Bisnis Pertanian Modal Kecil di Desa Yang Menjanjikan, Patut Dicoba

Bisnis di bidang pertanian sangat cocok dijalankan di negara tercinta Indonesia, karena negara kita ini mempunyai tanah yang sangat subur terutama di daerah pedesaan, oleh sebab itu sangat tepat bila di daerah pedesaan ini di manfaatkan untuk membuka usaha di bidang pertanian.

Membuka usaha di bidang pertanian tidak membutuhkan modal yang besar, terlebih lagi jika anda pandai mencari peluang maka tidak akan pernah kesulitan ide. Bagi yang tidak mempunyai lahan luas jangan khawatir karena sekarang ini petani-petani sudah kreatif mensiasati lahan yang sempit.

Untuk memulai membuka usaha di bidang pertanian banyak pilihannya mulai dari modal kecil hingga yang besar tergantung jenis usaha yang akan dijalankan, jika anda ingin memulai membuka usaha di bidang pertanian berikut ini 5 referensi peluang usaha di desa yang bisa anda coba.

5 Jenis bisnis pertanian modal kecil di desa

1. Tanam Cabai

bisnis pertanian modal kecil di desa
sumber - dzargon.com
Bisnis menanam cabai menggunakan media polibag tidak membutuhkan modal besar dan lahan yang luas, anda cukup memanfaatkan lahan di sekitar rumah. Bayangkan jika harga cabai mulai meninggi sampai Rp 30,000 per Kg, kemudian jika dalam sekali panen satu batang pohon cabai tersebut bisa menghasilkan cabai 1 Kg saja maka tinggal di kalikan berapa batang yang anda tanam, tentu sangat menggiurkan bukan.

2. Tanam Sawi

bisnis pertanian modal kecil di desa
sumber - @iisqueen_hidroponik_cirebon
Menanam Sawi juga tidak membutuhkan modal besar ataupun lahan yang luas, anda bisa memanfaatkan pekarangan kosong yang ada di belakang rumah, atau jika ingin lebih inovatif maka bisa menanam sawi dengan sistem hidroponik. Jangan remehkan hal kecil seperti bisnis sawi ini karena sudah banyak orang yang sukses hanya dengan berbisnis menanam sawi.

3. Tanaman Hias

bisnis pertanian modal kecil di desa
sumber - @barakahgarden
Siapa bilang tanaman hias tidak laku jika dikembangkan di pedesaan, sekarang ini jaman sudah canggih anda bisa memanfaatkan internet, jadi untuk pemasaran tanaman hias ini bisa melalui media online seperti media sosial, marketplace. Jika tanaman hias anda unik dan inovatif pasti banyak pengunjung yang membelinya. Apalagi sistem online ini jangkauannya sangat luas jika teknik pemasarannya tepat pasti sangat laris.

4. Menjual Bibit

bisnis pertanian modal kecil di desa
sumber - bibitsengonkediri.blogspot.com
Menjual bibit juga sangat menjanjikan akan tetapi membutuhkan lahan yang agak luas, jika anda tinggal di pedesaan bisnis menjual bibit ini sangatlah tepat, untuk prospek kedepannya pun sangat cerah dan pastinya menjanjikan. Carilah bibit yang sedang trending atau paling dicari oleh masyarakat di desa anda misalnya bibit cabai, bibit kopi, bibit sengon dan lainnya.

Baca Juga: 4 cara efektif menemukan ide bisnis kreatif dan terbaik

Jika anda mempunyai modal yang cukup maka bisa dengan membibit sendiri, dengan cara membibit sendiri nantinya anda akan mendapatkan keuntungan dua kali lipat. Namun sebelum memutuskan untuk membibit sendiri pastikan membeli benih yang kualitasnya sudah terjamin.

5. Membuka toko pertanian

bisnis pertanian modal kecil di desa
ilustrasi toko pertanian - pojokbisnis.com
Yang di maksud membuka toko pertanian disini bukan toko yang besar, tetapi anda bisa membuka toko pertanian kecil-kecilan seperti menjual, cangkul, sepatu blong, benih padi, jagung, cabe, benih sawi dan sebagainya. Jika anda tidak mempunyai tempat maka bisa memanfaatkan rumah anda, namun pastikan sudah memasang spanduk di depan rumah supaya semua orang tahu kalau anda menjual alat-alat pertanian.

Penutup

Demikianlah 5 bisnis bidang pertanian di desa dengan modal kecil yang layak anda coba, jadi tunggu apa lagi, sekarang sudah tidak ada alasan untuk mengatakan tidak menemukan peluang usaha. Semoga informasi ini bisa bermanfaat saya ucapkan terimakasih.